Sunday, July 28, 2019

PERMAINAN TRADISIONAL : JIRAK



Permainan Tradisional : Jirak masuk dalam kategori permainan dengan menggunakan kelereng. Permainan ini ideal dilakukan antara 2 sampai dengan 5 orang. Peraturan yang sederhana sehingga mudah dipahami. Tata cara memaikankan permainan ini yaitu;
Kita membutuhkan arena permainan permukaan tanah dengan luas setidaknya 15 m2. Arena permainan dengan gambar.
1.      Garis pembatas antara tempat peletakan kelereng.
2.      Kelereng ditempatkan memanjang satu garis dengan ujung lingkaran sebagai tempat peletakan kelereng. Jadi, paling bawah adalah garis lingkaran yang merupakan tempat paling banyak peletakan kelereng. Semakin ke atas kita sebut sebagai kepala. Memanjang satu satu dengan jarak kurang lebih 1 kilan(satu renggangan tangan).
3.      Dibawah lingkaran ada garis pembatas untuk membedakan arena.
Cara permainannya adalah sebagai berikut:
1.      Pemain menentukan berapa yang harus diajukan(tiket) dalam permainan, seperti 5 kelereng setiap pemain, atau 10, bisa lebih bisa kurang tergantung sesuai kesepakatan pemain. Disusun seperti keterangan yang lalu. Kepala paling atas dipasang satu persatu sesuai jarak dan di dalam lingkaran merupakan sisanya.
2.      Pemain melemparkan secara bergantian dari kepala kea rah lingkaran sampai melewati lingkaran bawah. Secara bergantian(dengan 1 kelereng)
3.      Urutan bermain ditentukan letak terjauh dari lingkaran dan juga dari kepala permainan.
4.      Pemain paling jauh dapat memilih, membunuh musuh permainannya dengan melempar dari tempat kelerengnya ke tempat musuh(ketentuan membunuh harus mengenai kelereng musuh). Atau memilih mengincar yang ada dalam arena permainan. Pemain mengincar kelereng yang ada dalam arena permainan sampai dengan keluar garis. Jika mengenai kepala dan keluar dari garis maka keseluruhan ke bawah sampai lingkaran menjadi haknya/miliknya. Yang dikenai sampai dengan yang terbawah(lingkaran) adalah miliknya. Apabila mengenai 2 kelereng dalam arena(kecuali dalam lingkaran) maka gagal, mati dan tidak mendapatkan sama sekali.
5.      Apabila pemain sebelumnya berhasil mendapatkan dari dalam arena permainan, maka kelereng sebagai gacu(kelereng yang digunakan melempar) dibiarkan di tempat dan memberikan kesempatan pemain yang bermain setelahnya dapat membunuhnya. Dengat catatan, pelemparan dari tempatnya, hanya satu kali kesempatan.
6.      Pemain yang telah bermain dan mendapatkan kebawah, maka yang di atasnya masih menjadi dalam permainan. Bisa diincar.
7.      Semua pemain dapat gagal, permainan dimulai ulang.
8.      Apabila ada 1 pemenang yang mendapatkan dari dalam permainan, maka harus mengajukan(tiket) lagi sesuai perjanjian.

No comments:
Write comments